Jumat, 25 Maret 2011

Mobile Concrete Pump [1]

Teman-teman, pada kesempatan ini saya ingin memperkenalkan kawan saya, mesin yang besar dan handal bernama concrete pump atau pompa beton. Alat ini dipergunakan manakala perlu dilakukan pengecoran dalam jumlah besar pada lokasi yang sulit, misalnya di ketinggian. Tanpa alat ini pengecoran dengan kondisi seperti di atas akan memerlukan banyak tenaga kerja dan waktu yang lama.
















Pada saat foto ini diambil, tengah dilakukan proses pengecoran lantai 3 seluas 170m2. Ketinggian pengecoran 8m dan beton yang dibutuhkan sebesar 30m3. Dengan concrete pump, pekerjaan bisa diselesaikan selama 3 jam. Jika dilakukan tanpa concrete pump mungkin akan memakan waktu 12 jam dengan tenaga kerja sangat banyak.

Seperti dapat teman-teman lihat, concrete pump ini bersifat mobile karena dipasang di badan sebuah truk. Belalainya yang sepanjang 15m dapat dilipat pada saat dalam perjalanan.

Pengoperasian concrete pump sederhana saja. Beton segar yang masih cair dituang dari mobil mixer ke dalam sebuah bak, selanjutnya dipompa ke atas melalui belalai ke area yang akan dicor. Belalai concrete pump dapat digerakkan sesuai kebutuhan dengan kontrol seorang operator melalui sebuah remote.














































Selain dari yang tergambar di foto, ada tipe concrete pump yang lebih kecil, untuk menangani pengecoran dengan volume yang lebih sedikit dan posisi yang tidak terlalu tinggi. Biasanya concrete pump kecil ini dipergunakan pada perumahan atau renovasi.

Ada juga concrete pump yang tidak melekat di truk dan terpisah dari belalai. Pompa semacam ini biasa dipakai untuk bangunan tinggi seperti pencakar langit. Pada pekerjaan semacam itu, penggunaan belalai tidak memungkinkan lagi. Beton dipompa lewat pipa baja yang menjulang sepanjang tepi bangunan.

Jika ada kesempatan, saya akan menulis mengenai alat yang ini, namun untuk sementara cukup sekian cerita saya kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar